Rabu, 20 April 2016

5 Tips Sukses Pasar Produk Baru Dengan Marketing Plan

Seorang pemilik usaha sering kali dihadapkan dengan kondisi pasar yang tidak menetu. adakala dinamika bisnis sesuai dengan prediksi rencana yang telah dibuat, namaun da waktu pula, planing yang kita lakukan harus berakhir gagal karena tidak sesuai dengan kenyataan.

Hal ini membuat seorang marketing yang baik dapat menjadi menolong kita dalam mengatasi masalah seperti diatas, Sebuah marketing plan yang baik dapat memastikan bisnis kita untuk berjalan meski dalam kondisi terburuk, demikian untuk urusan memperkenalkan sebuah produk baru, marketing tetap semangat dibutuhkan untuk mensukseskan upaya tersebut,.

Membuat seorang marketing plan untuk produk baru pada dasrnya tidak terlampau jauh ketika menyusun perencanaan diawal bisnis, yang perlu kita modipikasi yaitu beberapa hal terkait position bisnis kita pada saat ini, serta kejalinan melihat peluang yang telah ada, selengkapnya ada 5 tips membuat merketing plan untuk memasarkan produk baru..

Baca Juga Aritkel Terkait. :

5 Tips Sederhana Meringankan Beban Dari Kejaran Deadline


1. Memahami Dasar-Dasar Dalam Perencanaan Pemasaran.

Banyak literatur sebuah bisnis disebutkan salah satu teori yang mengacu pada sebuah pemasaran dapat dibedakan dengan istilah 4p, yaitu pruduct, price, place, dan promotion. Nah keempat hal ini mempengaruhi seperti apa marketing plan yang akan kita buat, pahami keempat faktornya secara mendalam dan hubungkan dengan kindisi kita pada saat ini.

2. Target Pasar yang Jelas

Setelah memahami 4p, selanjutnya untuk membuat marketing plan sebuah produk baru yakni memetakan target pasar yang ingin disetuju, pekerjaan tingkat pendapatan dan lokasi tempat tinggal, lagi variabel juga masih mengacu pada 4p yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebuah produk baru saja masuk ke pasar, harus diperkenalkan dengan cara yang tepat agar bisa diterima dengan baik oleh konsumen, hal ini untuk bisa memahami terget pasar kita harus berpikir layaknya konsumen itu sendiri, kita wajib mencari tahu seperti apa produk yang diharapkan oleh konsumen atau yang bisa menjadi solusi dari masalah mereka.

3. Menentukan Komputitor Produk Baru.

Meskipun kita menghindarkan produk baru, bukan tidak mungkin  sudah ada pesaing yang menawarkan konsep sejenis dengan produk baru yang kita usung, inilah mengapa adanya kompetitor juga sangat penting dalam merancang marketing plan untuk produk baru.

Riset yang diperlukan bisa menitikbertkan pada apa saja kekurangan dari komputitor, persamaan dan juga perbedaan, dengan sebuah produk kita, yang juga paling penting maslah harga yang ditawarkan, Dengan memasukan beberpa informasi tersebut kedalam marketing, paling tidak kita bisa mengatisipasi atau bahkan memperbaiki kekurangan dari produk baru kita sebelum dirilis kepasar.

4. Anggaran Pemasaran yang Efektif.

Sebuah proses marketing, salah satu hal yang tidak bisa dihindari ialah keperluan promosi, keperluan promosi tentunya membutuhkan dana yang harus dihitung dengan teliti penggunanya, dana tersebut diambil dari anggaran opersianal sebgai bagian dari biaya produksi..

Unruk sebuah produk yang baru pada dasrnya membutuhkan upaya yang lebih keras dalam memperkenalkan kepada konsumen dibandingkan dari produk baru tersebut, sudah pasti akan menyedot anggaran promosi yang tidak sedikit, oleh karen itu pastikan seorang marketing plan mencakup semua perhitungan pembiayaan tersebut.

5. Strategi Penatpan Harga.

Harga sebuah produk menjadi sebuah pertimbangan bagi konsumen untuk memeilih sebuah produk, karena itu kita harus memperhatikan tentang harga yang kita tawarkan dari sebuah produk yang baru, sebuah pendatang baru, umumnya akan lebih tepat jika kita tidak langsung mematok harga tinggi pada produk tersebut.

Kita bisa melirik strategi penetpan harga yang dilakukan oleh kompititor dalam bisnis kita, trutama untuk kompetitor yang sudah cukup mapan, harga yang mereka terpakan bisa memberi informasi berharga, karena dari situ kita bisa menjalankan penetapan harga seperti yang akan dilakukan, mengambil harga yang lebih rendah, atau bersaing dengan harga yang sama tapi menawarkan kualitas yang lebih.

Nah beberapa tips di atas, sudah cukup menjadi pertimbangan menyusun marketing plan untuk produk baru, meskipun hadir dalam tengah persaingan yang ketat, kita tidak boleh minder ahrus yakin dengan produk baru kita yang mampu bersaing di hati konsumen.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar